Teknologi Lingkungan

Apa itu teknologi lingkungan? Apa kaitan teknologi dengan lingkungan? Mengapa kita harus menerapkannya? Apa saja yang termasuk teknologi lingkungan? Blog ini dibuat dengan bertujuan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Teknologi lingkungan adalah bidang ilmu atau teknologi yang berbasis ramah lingkungan. Penerapan teknologi lingkungan bertujuan untuk mencegah, meminimalisir serta memperbaiki kerusakan lingkungan.

Teknologi berbasis ramah lingkungan  memiliki beberapa sifat diantaranya adalah bahan dan metode yang ramah lingkungan, tidak menghasilkan produk sampingan (limbah), memiliki potensi untuk mengurangi laju kerusakan lingkungan, teknologi yang tepat guna dan dapat dipergunakan semua orang.

Pembangkit Listrik Tenaga Angin yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara
Saat ini teknologi lingkungan sudah mulai diterapkan oleh negara negara maju seperti Uni Eropa dan Kanada karena munculnya dorongan untuk memperbaiki kualitas lingkungan di negara mereka yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kesehatan dan kenyamanan hidup warga negara mereka.
Pengetahuan akan teknologi lingkungan di Indonesia dapat diikuti melalui program di beberapa Perguruan Tinggi melalui Jurusan Teknik Lingkungan, Teknik Penyehatan atau Teknik Rekayasa Sanitasi. Di luar negeri, bidang ini dikenal dengan nama Environmental Engineering.

0 comments